PENGARUH MEDIA ONLINE KASKUS
TERHADAP SOSIAL dan EKONOMI
- PENDAHULUAN
Teknologi Informasi
adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan
pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan
keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data,
sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya
sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi
digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Peran yang dapat
diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi.
Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau
kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas
ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e
seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e
seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
2. Sejarah KASKUS
Kaskus adalah
situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia
dan penggunanya disebut dengan Kaskuser.
Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal
Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi
Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle,
Amerika
Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Situs
yang memiliki lebih dari 2,5 juta pengguna ini, tidak hanya berdomisili dari
Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya
berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa. Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk,
bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga
saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page
view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah
mempunyai lebih dari 250 juta posting. Menurut
Alexa.com, pada bulan Desember 2010
Kaskus berada di peringkat 251 dunia dan menduduki peringkat 6 situs yang
paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Kaskus
diciptakan tanggal 6 November 1999 oleh tiga mahasiswa
asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi
Dharmawan, di Seattle,
Amerika
Serikat. Kaskus awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa
Indonesia di luar negeri.[8]
Nama "Kaskus" sendiri merupakan singkatan dari kata
"kasak-kusuk". Pada
bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada
situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus
terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006. Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen
Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus
Brontok
yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus
masuk dalam target penyerangan. Awal
April 2007, manajemen Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan
performance situs Kaskus (Dell Server).
Pada Juli
2008, Pengelola Kaskus
akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk
keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan
melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan
akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan
beroperasi di bulan September adalah 16 server. Awal tahun 2011, Kaskus mengumumkan ekspansi bisnisnya dengan
menjalin hubungan kerjasama bersama Global Digital Prima yang merupakan anak
perusahaan dari PT Djarum. Selain itu, Kaskus juga akan menambah jumlah
servernya hingga 250 buah serta melakukan rekrutmen pegawai baru hingga 80
orang.
Beberapa fitur KASKUS antara lain :
·
KasPay
Ada sebuah layanan terbaru dari
situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran secara online yang disebut
KasPay. Layanan tersebut
telah diluncurkan pada Jumat 6 November 2009, pada acara Perayaan Ulang Tahun
ke-10 Kaskus di Poste, The east building, Kuningan, Jakarta. Layanan transaksi
ini dapat digunakan tidak hanya di Kaskus tetapi dapat digunakan terhadap
situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay.
Kaspay akan beroperasi layaknya E-wallet yang akan
dijadikan alat untuk transaksi jual beli di seluruh transaksi online. Seluruh
proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman dari
modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit dan keamanan transaksi selalu
dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail dan
catatan transaksi.
·
e-pulsa
e-pulsa adalah
sebuah layanan dari Kaskus yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa dan jika
kita mau membeli, kita harus membayar menggunakan KasPay. Semua layanan
operator di dukung di Kaskus e-pulsa.
·
Kaskus Ads
Layanan Kaskus yaitu Kaskus Ads atau
KAD adalah sebuah situs dimana jika kita mau beriklan di Kaskus, kita bisa
menempatkan iklan tersebut, tetapi kita harus membayar Kaskus. Di Kaskus Ads
banyak sekali orang orang atau pengguna kaskus yang senang beriklan di Kaskus
karena biayanya murah dan karena Kaskus sekarang mempunyai lebih dari tiga juta
pengguna.
·
Kaskus Radio
Kaskus Radio merupakan sebuah Radio
Internet Indonesia di bawah naungan komunitas Kaskus. Kaskus radio yang biasa
disingkat KR memiliki lebih dari 20 penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama
24 jam ini juga memutarkan lagu dari berbagai bahasa, Inggris, Mandarin,
Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.
·
Kaskus Mobile
Kaskus mobile adalah situs Kaskus
yang sudah diubah tampilannya menjadi minimalis sehingga sesuai dengan layar
perangkat telepon genggam. Alamat Kaskus mobile adalah m.kaskus.us
atau kaskus.us dan hanya
bisa diakses via telepon genggam dan yang mengubah user agent-nya
menjadi melalui telepon genggam.
Beberapa SUB-FORUM KASKUS antara lain :
·
KASKUS CORNER, forum tempat di mana penggunga
Kaskus dapat mendapatkan info mengenai even-even tertentu seperti bakti sosial,
gathering, atau seminar yang diselenggarakan oleh Kaskus atau pengguna
terdaftar yang bersangkutan. Kaskus Corner memiliki sub-forum sebagai berikut:
1.
Kaskus Celeb,
2.
Kaskus Event & Bakti Sosial,
3.
Kaskus Promo,
4.
Cinta Kaskus,
5.
Cinta Indonesiaku,
·
CAS-CIS-CUS, forum tempat di mana pengguna
Kaskus dapat berbicara mengenai berbagai topik bebas seperti masalah politik,
berita umum, atau hanya sekedar membicarakan pengalaman pribadi. Cas-Cis-Cus
memiliki sub-forum sebagai berikut:
1.
Welcome to
Kaskus,
- Kritik Saran & Pertanyaan Seputar Kaskus
- Donator Lounge
- Arsip Forum
- Buat Latihan Posting
- Recycle Bin
2.
The Lounge,
3.
Surat
Pembaca,
4.
Berita &
Politik
- Berita & Politik Luar Negeri
5.
Militer
& Kepolisian,
- Kepolisian
- Militer
6.
Business
Board,
7.
Can You
Solve This Game?,
8.
Debate Club,
9.
Disturbing
Picture,
10. Education
- Book Review
- Civitas Academica
- Sejarah & Xenology
11. English,
12. Girls & Boy's Corner
- Ask Da Boys
- Ask Da Girls
13. Heart to Heart,
14. Jokes & Cartoon,
15. Event from Kaskuser,
16. Seputar Pemilu 2009,
17. Indonesian Young Excecutive Communtiy: Young On Top,
18. Nokia Messaging Arena.
·
LOE-KE-LOE, forum tempat di mana pengguna
Kaskus dapat menemukan dan membahas mengenai topik khusus, seperti hobi, gaya
hidup, dan apa yang mereka sukai. Secara harfiah, arti dari
"Loe-Ke-Loe" adalah "Dari anda, untuk anda".
1.
REGIONAL, forum tempat di mana pengguna
Kaskus dapat berkomunikasi maupun berkumpul satu sama lain dengan pengguna
Kaskus lainnya yang masih ber-domisili di wilayah yang sama. Regional memiliki
sub-forum yaitu Australia, Eropa, Indonesia.
·
FORUM JUAL BELI / FJB, forum di mana pengguna Kaskus dapat menjual atau pun membeli suatu barang
yang diinginkan. Forum ini merupakan salah satu forum utama Kaskus, bisa
dilihat dari banyaknya sub-forum yang terdapat di forum ini. Barang yang dijual
di forum ini sangat beragam, mulai dari kaos oblong seharga Rp50.000 (Lima
Puluh Ribu Rupiah) sampai dengan hak kepemilikan tanah seharga
Rp260.000.000.000 (Dua Ratus Enam Puluh Milyar Rupiah).
- PENGARUH MEDIA ONLINE KASKUS
Pengaruh Media Online Kaskus Dalam Kehidupan Sosial
KASKUS
sebagai sosial media online telah memberikan pengaruh tersendiri bagi sosial
masyarakat, khususnya dunia maya. Dengan menyandang gelar The Largest
Indonesian Community semakin membuat KASKUS mendapat tempat tersendiri bagi
penggunanya yang bias adi sebut KASKUSER. Beberapa kaskuser menyebut KASKUS
seperti Google ke dua bagi mereka karena di sana terdapat banyak sekali Forum
dan Subforum seperti di sebutkan di atas yang membahas berbagai macam hal.
Sehingga sering di jadikan tempat mencari referensi atau pertimbangan setelah
mereka mencari di Google. Contoh kita menghadapi dilema dalam pemilihan spesifikasi
computer, kita bisa masuk Thread Sub-Forum KSKN (Konsultasi Spesifikasi
Komputer dan Notebook).
Gambar 1. Forum KSKN (Konsultasi Spesifikasi Komputer dan Notebook)
Link thread http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9689440
Di thread tersebut kita bisa
mendapatkan pencerahan guna mengoptimalkan pilihan kita untuk membeli computer
atau notebook berdasarkan harga atau performa penggunaan, sehingga kita tidak
menyesal atau salah pilih dalam membeli.
Sub-Forum lain yang mengakomodasi KASKUSER untuk saling berinteraksi
adalah sub-forum regional. Disini para KASKUSER akan di kelompokkan berdasar
regional daerah asal para anggota. Dengan forum ini para kaskuser dapat dengan
mudah untuk mengkoordinasi acara seperti pertemuan, dll sehingga lebih
mengakrabkan para anggota atau bahkan mungkin menemukan teman relasi bisnis
atau kenalan baru. Di dalam sub-forum regiona juga ada FORUM JUAL BELI REGIONAL sehingga bisa menjembatani antar anggota
regional untuk jual beli barang dengan model transaksi COD ( Cash On Delivery)
atau ketemuan dan bayar di tempat.
Gambar 2. Forum Kaskuser Regional
Link thread http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=459
Gambar 3. Forum Kaskuser Sub-Regional
Surabaya
Link thread http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=92
Selain
forum antar regional daerah kaskuser, di KASKUS ada juga FORUM KOMUNITAS salah
satu contoh adalah Komunitas Otomotif Motor yang bisa menjadi tempat untuk
saling sharing informasi mengenai motor masing-masing anggota.
Gambar 4. Forum Kaskuser CLUB
OTOMOTIF YAMAHA BYSON / BYONIC
Link thread http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8870863
Dan masih banyak sekali FORUM
dan KOMUNITAS yang tersedia di kaskus. Yang bisa menjadi media sosialisasi antar pengguna / KASKUSER.
Selain media
sosial online KASKUS juga menyediakan media hiburan berupa radio online yang
bisa di akses dan di dengarkan selama 24 jam non stop dari berbagai macam music
dari dalam dan luar negeri bisa di nikmati. Selain music ada juga event
kreatifitas yang di adakan oleh radio kaskus.
Gambar 5. KASKUS radio
KASKUS juga
hadir dengan versi mobile untuk di akses via mobile atau smartphone browser,
yang memudahkan para kaskuser untuk masih bisa berinteraksi dengan kondisi
mobile atau sedang di perjalanan, sehingga bisa update setiap saat.
Gambar 6. KASKUS mobile smartphone
Link http://m.kaskus.us
Pengaruh Media Online Kaskus Dalam Ekonomi
Dengan adanya fasilitas FORUM JUAL BELI / FJB, maka
para pengguna KASKUS bisa lebih mudah, leluasa dan respon cepat dalam membeli
atau menjual barang. FORUM JUAL BELI / FJB membawa tanda-tanda
telah menunjukkan dan dirasakan saat ini dengan berkembangnya E-Commerce
memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan
Produsen yang menjual suatu produk sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara
langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen
tidak perlu pergi ke toko.
Para KASKUSER bisa melakukan transaksi pembayaran melalui Rekening Bersama
(REKBER), Transfer ATM langsung, atau COD (Cash on Delivery) janjian bertemu
dan bayar di lokasi, tergantung kesepakatan kedua belah pihak.
Gambar 7. KASKUS forum jual beli / FJB
· Target
Konsumen
Target
konsumen dalam bisnis jual beli online via Kaskus ini tentunya semua orang yang
mengakses situs www.kaskus.us dan tentunya tidak lah terbatas oleh suatu
kalangan tertentu, tergantung produk apa yang kita tawarkan. Konsumen yang
membutuhkan suatu produk tertentu pastilah akan mengunjungi FJB (Forum Jual
Beli) Kaskus untuk mencari barang yang akan dibeli.
· Produk
Produk yang
saya contoh kan disini yaitu Gadget (contoh: Handphone, Ipad, Ipod, Laptop,
Modem, dll.) yang mana saya pernah melalukan transaksi dengan salah satu produk
tersebut. Dan kita tahu juga bahwa produk-produk tersebut sekarang ini sangat
diminati oleh berbagai kalangan yang haus akan teknologi. Akantetapi tidak
menutup kemungkinan dengan produk lain yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.
· Teknik
Pemasaran
Teknik
pemasaran yang kita pakai dalam jual beli via Kaskus ini sangat lah mudah dan simple.
Yang paling Penting dan utama, kita
harus memiliki account disitus kaskus itu sendiri, dan proses registrasinya
dalam menjadi membernya pun sangat lah mudah. Tinggal kunjungi www.kaskus.us dan ikuti step by step dalam
registrasinya. Setelah kita registrasi, kita mempunyai hak untuk ikut didalam
situs itu. Diantaranya ada “Forum, Jual Beli, Loekeloe, Casciscus, dll..” yang
akan kita bahas disini mengenai teknik pemasaran melalui FJB (Forum Jual Beli)
Kaskus.
Dalam Kaskus sering kita dengar istilah
“Thread” yaitu sebuah halaman yang kita posting dalam kaskus. Nah teknik
pemasaranya pun yaitu dengan kita memasang thread produk yang akan kita jual
tersebut. Dan didalam thread tersebut kita dalam memasukan keterangan
sedetail-detailnya mengenai produk yang kita tawarkan beserta kontak yang dapat
menghubungi kita.
Fakta yang
saya alami, memasarkan produk kita disini lebih efektif dibanding dengan media
lain. Ketika saya mau menjual Handphone, setelah 30 menit saya selesai membuat
thread iklan saya. Ternyata sudah ada 150 orang lebih yang melihat atau
mengunjungi iklan saya tersebut. Tak lama sekitar 2 hari setelah deal soal
harga, akhirnya barang yang saya jual pun laku juga.
· Proses
Transaksi
Setelah nego
soal harga deal, biasanya para pembeli dan penjual memutuskan proses transaksi
diantara nya ada 2 cara bertransaksi yang sering digunakan dalam FJB ini,
biasanya tergantung pada lokasi antara penjual dan pembeli. Macam transaksinya
yaitu:
- COD (Cash On Delivery) or (Cash On Carry)
Sistem ini
biasanya digunakan apabila lokasi si penjual dan si pembeli ga terlalu jauh.
COD adalah sistem bertransaksi antara penjual dan pembeli dengan cara bertemu
langsung disuatu tempat agar si pembeli bisa langsung melihat barang yang
dijual bagus atau tidak. Setelah pembeli cocok antara harga dan rupa, kemudian
pembeli menyerahkan langsung uangnya pada penjual, dan pembeli mendapat barang
tersebut.
- REKBER (Rekening Bersama)
Pembeli dan
Penjual menyepakati deskripsi
barang, harga, garansi,
asuransi, ongkos kirim dll serta
setuju untuk menggunakan RekBer. Rekber biasanya dilakukan oleh para aktifis jual beli online yang lokasinya
saling berjauhan. Untuk lebih jelasnya tentang cara penggunaan Rekber
perhatikan bagan berikut:
Keterangan :
1.
Pembeli
transfer ke RekBer, konfirmasi via posting di thread ini sesuai format untuk
memudahkan transaksi lalu RekBer akan konfirmasi dana masuk di thread dan ke
penjual melalui PM dan sms.
2.
Penjual
dapat memproses transaksinya (kirim barang) apabila sudah ada konfirmasi dari RekBer.
3.
Penjual
mengirimkan data banknya ke pm (private message kaskus) pemegang rekber yang
bersangkutan. (untuk memudahkan pencairan dana nantinya).
4.
Barang
sampai di pembeli, check apakah barang sesuai dengan yang disepakati sebelumnya,
jika ya pembeli konfirmasi pencairan dana ke RekBer.
5.
Dana
dicairkan ke penjual, transaksi selesai.
- KESIMPULAN
Pengaruh
Media Online KASKUS dalam Kehidupan Sosial
:
Positif :
- KASKUS sudah menjadi kebutuhan informasi bagi para anggotanya.
- Memberikan wadah untuk saling berkomunikasi bertukar pikiran dan informasi.
- Menjadi wadah untuk lebih saling mengenal.
- Menciptakan masyarakat dunia maya (internet society) yang bisa berdampak secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.
Negatif :
- Terkadang ada beberapa thread berbau SARA atau Pornografi.
Pengaruh
Media Online KASKUS dalam Kehidupan Ekonomi
:
Positif :
·
Kemudahan
dalam penjualan barang.
·
Berfungsi
sebagai toko online gratis.
·
Terdapat
pengelompokan kategori barang yang di jual.
·
Tawar
menawar layaknya jual beli face to face.
·
media promosi dalam bisnis yang Lebih luas
sebarannya
·
Hemat biaya, yaitu biaya promosi, sewa tempat
penjualan, gaji pegawai.
·
Hemat waktu, yaitu transaksi penjualan dapat dilakukan
kapanpun
·
Hemat tempat, yaitu transaksi penjualan dapat
dilakukan dimanapun.
·
Hemat tenaga, yaitu transaksi penjualan lewat via
internet sehingga tidak membutuhkan pertemuan antara penjual dan pembeli, tidak
memerlukan waktu kerja untuk menjaga barang yang akan dijual.
·
Beberapa pelaku
bisnis menjadikan FJB sebagai mata pencarian utama.
Negatif :
·
Penipuan.
REFERENSI
- KASKUS GUIDE BOOK
diakses pada
18 Agustus 2011
- KASKUS WIKI
diakses pada
18 Agustus 2011
Ssiiip,dapet ilmu baru yaa..
BalasHapusHahahaha.. Mkasih..
BalasHapussangat bagus bagaimana. Cara Meningkatkan Penjualan Online
BalasHapus