Kamis, 06 Oktober 2011

PROTOKOL ROUTING



II.                PROTOKOL ROUTING
Routing protocol adalah komunikasi antara router-router. Routing protocol mengijinkan router-router untuk sharing informasi tentang jaringan dan koneksi antar router. Router menggunakan informasi ini untuk membangun dan memperbaiki table routingnya. Seperti pada gambar di bawah ini.

Distance Vector
Algoritma routing distance vector secara periodik menyalin table routing dari router ke router. Perubahan table routing ini di-update antar router yang saling berhubungan pada saat terjadi perubahan topologi. Algoritma distance vector juga disebut dengan algoritma Bellman-Ford. Setiap router menerima table routing dari router tetangga yang terhubung langsung.

Link State Routing
Algoritma link-state juga dikenal dengan algoritma Dijkstra atau algoritma shortest path first (SPF). Algoritma ini memperbaiki informasi database dari informasi topologi. Algoritma distance vector memiliki informasi yang tidak spesifik tentang distance network dan tidak mengetahui jarak router. Sedangkan algortima link-state memperbaiki pengetahuan dari jarak router dan bagaimana mereka inter-koneksi.
Fitur-fitur yang dimiliki oleh routing link-state adalah:
  • ·        Link-state advertisement (LSA) – adalah paket kecil dari informasi routing yang dikirim antar router.
  • ·         Topological database – adalah kumpulan informasi yang dari LSA-LSA.
  • ·         SPF algorithm – adalah hasil perhitungan pada database sebagai hasil dari pohon SPF.
  • ·         Routing table – adalah daftar rute dan interface 

Ada beberapa titik berat yang berhubungan dengan protokol link-state:
  • ·         Processor overhead
  • ·         Kebutuhan memori
  • ·         Konsumsi bandwidth

Router-router yang menggunakan protokol link-state membutuhkan memori lebih dan proses data yang lebih daripada router-router yang menggunakan protokol distance vector. Router link-state membutuhkan memori yang cukup untuk menangani semua informasi dari database, pohon topologi dan table routing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar